Karena manusia memiliki rasio maka ia bisa menjadi poros alam. Jangan mau dikalahkan oleh keadaan. Bermimpi dan berjuang seterusnya, selamanya!

Palembang dan Newmont [lanjutan]

Namun pergelutan di dalam proses ini menjadi sangat rumit. Anggota DPR mendukung pembelian saham Newmont oleh MDB. Sebaliknya, mereka menentang keputusan Pemerintah melalui Menteri Keuangannya, Agus D.W. Martowardjojo, yang membeli saham 7% terakhir divestasi Newmont tersebut. Komisi XI DPR mempermasalahkan tindakan Menkeu yang tidak meminta ijin kepada DPR dalam melakukan akuisisi saham Newmont dengan menggunakan dana Pusat Investasi Pemerintah (PIP) di dalamnya.
Sesuai dengan pernyataan Menkeu, kepemilikan pemerintah atas saham Newmont adalah untuk mengoptimalkan penerimaan Negara dari dividen, pajak, dan royalty. Selain itu, pemerintah bertindak sesuai dengan amanat UUD 1945 pasal 33 ayat 3: Bumi dan air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Dengan pembelian saham 7% tersebut, pemerintah juga menghindari terbentuknya controlling block dalam kepemilikan Newmont yang akan terjadi jika MDB menguasai 31% saham Newmont.
Dengan membawa sentimen kedaerahan menjadi kepentingan nasional, beberapa pengamat dan politisi berusaha mengaburkan isu akuisisi saham Newmont ini. Sesungguhnya dengan kepemilikan yang hanya 25% dalam MDB, Pemda tidak bisa mengajukan protes atas tidak dicairkannya dividen MDB yang sebelumnya akan digunakan untuk pembangunan daerah. Menurutku, menempatkan pemerintah sebagai pemilik saham Newmont adalah praktek yang lebih bisa dipertanggungjawabkan dan lebih selaras dengan kepentingan nasional [bukan kepentingan perorangan]. Isu ini sekarang menjadi hambatan bagi kinerja pemerintah. Gimana enggak, kalo polemik ini dibiarkan berlarut-larut, negara akan dirugikan.  
For your information, kedalaman penggalian area penambangan oleh PT NNT telah mencapai 150 meter di bawah permukaan laut, bayangin, berapa dalem kekayaan kita mereka keruk? Dampak kerusakan lingkungan yang ditimbulkan oleh penambangan ini juga dapat dikatakan sangat parah. Beberapa LSM menemukan kenyataan yang mengejutkan, bahwa limbah penambangan yang beracun itu didistribusikan menggunakan pipa langsung ke dasar laut jauh didalam palung laut. Akibatnya, ekosistem laut pun mengalami kerusakan yang mengerikan, efek domino lainnya adalah semakin sulitnya para nelayan lokal mendapatkan ikan. 


[bersambung lagi yee]

No comments:

Post a Comment