Karena manusia memiliki rasio maka ia bisa menjadi poros alam. Jangan mau dikalahkan oleh keadaan. Bermimpi dan berjuang seterusnya, selamanya!

They are Real!!!!

OMG OMG OMG!!!
histeria banget gara-gara baru tau kalo Sherlock Holmes and Dr. Watson punya blog beneran! OMG, mau pengsaaaan. niat banget ya, no wonder penggemar serial Sherlock Holmes BBC bisa membludah. Mereka ngebuat tokoh-tokohnya beneran hidup. Aku uda baca 2 postingan Dr Watson, dan beneran kayak si Watson yang nulis. Beneran daily routine dia sama Sherlock yang ditulis, It's just too real!!!

Semakin tergila-gila, semakin kepoin semua tentang SH di web, BBC, Youtube, anything about SH!!!
Nih websitenya:
taken from http://www.thescienceofdeduction.co.uk/

taken from http://www.johnwatsonblog.co.uk/blog
Lucunya ya, di kolom komentar posting mereka saling lempar komentar (SH n Watson). Ada banyak juga sih komentar pengunjung (baca: penggemar) SH. Gila ya...kereeeeeen.....Makin cinta ama Sherlock >,<

Keys of Mine


Finally, I got my keys....horeeeey!!!!!!
Jadi Sabtu, 9 November 2013 kemarin resmilah Serah Terima kunci dari pihak developer kepada pembeli yang tidak lain adalah sayaaaaah! Tentu ada beberapa pasal yang harus dibaca dulu sebelum kasih tanda tangan tapi whatever-lah yang penting satu step lagi terlampaui.

Semakin bikin suka browsing nyari referensi decor yang lucu sesuai selera. Pingin segera otak-atik rumah baru seperti yang selama ini aku impi2kan...lebay.

To Love at All

“To love at all is to be vulnerable. Love anything, and your heart will certainly be wrung and possibly be broken. If you want to make sure of keeping it intact, you must give your heart to no one, not even to an animal. Wrap it carefully round with hobbies and little luxuries; avoid all entanglements; lock it up safe in the casket or coffin of your selfishness. But in that casket — safe, dark, motionless, airless — it will change. It will not be broken; it will become unbreakable, impenetrable, irredeemable. The alternative to tragedy, or at least to the risk of tragedy, is damnation. The only place outside of Heaven where you can be perfectly safe from all the dangers and perturbations of love is Hell.” -The Four Loves,C.S.Lewis



Brain Wash

Dalam sebuah organisasi, adalah wajar jika terdapat perbedaan cara pandang. Organisasi tidak hanya berisi satu kepala saja, ada banyak kepala dengan potensi yang luar biasa di dalamnya. Bukankah lebih banyak ide, saran maupun masukan, sebuah organisasi akan menjadi semakin dewasa (baca: kuat)? 

Sayangnya sekuat apapun pembaruan yang berusaha ditegakkan, sisa-sisa feodalisme usang masih saja ada. Bagi yang berpikiran luas terbuka, hal-hal macam praktek brainwash itu adalah sebuah bencana, kriminalisasi intelegensia yang parah. Upaya rekayasa pembentukan ulang tata berpikir dan perilaku agar mau nurut terhadap cara-cara lama yang "trimo ing pandum" jelas ga bisa diterima di era serba terbuka dan demokratis saat ini. Mau di lingkungan masyarakat, lingkungan kerja atau lingkungan-lingkungan lainnya, yang namanya brainwash itu tetep aja keji.

Para ilmuwan berpendapat bahwa brain wash hanya bisa dilakukan dalam waktu yang lama secara berturut-turut, paling tidak selama 5-6 tahun. Perkembangan terkini, brain wash dapat dilakukan hanya dalam 6 bulan sampai 1 tahun saja. Mau tau buktinya? aksi pengantin bom bunuh diri akhir-akhir ini bisa dijadikan contoh nyata. Nah, dalam kasus tadi brain wash dilakukan dengan embel-embel agama dan tujuan jangka pendek dan jelas-jelas disebut aksi teror. Tapi bagaimana jika brain wash dilakukan di lingkungan kerja? Generasi demokratis, yang masih fresh yang tentunya sudah jauh berbeda pola fikirnya dengan generasi sebelum-sebelumnya, dipaksa menghapus pola pikir konstruktifnya agar bisa seirama dengan pola pikir kedaluarsa macam asal bapak senang, sesuai dengan arahan Bapak atau just do what your boss told you to! 

pic is taken from here


Apakah brain wash yang sudah dikenal sejak jaman Perang Dunia II ini mulai digandrungi lagi? Kenapa? Apakah ini menunjukkan bahwa mereka-mereka yang dulunya ngotot berteriak lantang soal reformasi, perubahan, menjunjung tinggi demokrasi sudah mulai loyo dan ompong. Tertabrak oleh benda ciptaan mereka sendiri dan kemudian berusaha mengembalikan semuanya kembali seperti jaman kegelapan? 

Tunggu dulu, kalau memang seperti itu, jelaslah mereka salah. Cobalah open minded. Tak selamanya yang muda itu amatir dan hijau. Ada kalanya yang tua/senior juga melewatkan sesuatu atau bisa jadi salah perhitungan. Kenapa tak berpikir positive bahwa dalam sebuah tim yang diutamakan adalah visi bersama bukan salah satu pihak semata. Mengapa tak berfikir bahwa ketika generasi muda itu diam, bukan berarti mereka sepaham atau setuju pada kehendak generasi lama. Bisa jadi generasi muda yang masih segar pola pikirnya itu menunggu momentum atau giliran untuk memutar keadaan, atau yang terburuk justru mereka berfikir apatis bahwa dengan berteriak atau memberi respon pun suara mereka tak akan didengar. Jadi buat apa bersuara jika nantinya hanya sia-sia, lebih baik diam, menonton, menikmati dan menunggu. Seperti halnya penonton bioskop, anteng duduk bareng-bareng dengan sekotak popcorn di tangan, menikmati alur cerita di layar lebar sambil sesekali tertawa, tegang ataupun menangis haru. Just enjoy the movie.


tribute to Indonesia's best generation 

eid mubarak

Taqabbalallahu minna wa minkum, 
semoga Allah berknan menerima amalan Ramadhan kita semua,
dan mengijinkan kita untuk bertemu Ramadhan tahun depan.

selamat Idul Fitri 1434 H
Mohon maaf atas segala khilaf yaaa......

Money or Health


Apa yang terlintas di pikiranmu pas ngeliat gambar benda di atas? Penasaran, ngeri atau takjub?
Let me tell you, gambar di atas adalah kotak rokok (lengkap dengan isinya) produksi Singapura. Apa bedanya dengan rokok negara kita? Lupakan soal kandungan (baca: racun) di dalemnya, mari kita fokuskan aja pada cover depan yang terpampang nyata itu.

Di bagian atas, sekilas itu kayak bukan gambar apa2 tapi coba perhatikan dengan lebih teliti lagi...yap itu foto proses operasi jantung. Di bawahnya ada tulisan yang gedhe-gedhe (ga kayak warningnya di rokok negara kita yang super kecil dan letaknya nyempil di pojokan atau sisi samping kotaknya):
"WARNING: SMOKING CAUSES HEART DISEASE.
You CAN Quit. Outline 1800-438-2000"
Bahkan pemerintah (Singapura) peduli dan turut andil dalam mengawasi kesehatan rakyatnya. Ironis sekali, bahwa kesehatan masyarakat kita dipertaruhkan demi profit semata. Perokok aktif kini tak terbatas pada kalangan pria/wanita dewasa. Anak-anak mulai menjadi bidikan produk racun ini. Belum lagi perokok pasifnya....

Jadi jangan heran ya, kalo 20-30 tahun ke depan kualitas sumber daya manusia negri ini sangat buruk. Kesehatan sebagai modal utama belum dipandang sebagai hal yang penting. Racun akan menggerogoti setiap sel tubuh kita. Dan tubuh-tubuh yang seharusnya bisa bekerja optimal untuk negeri ini nantinya akan ambruk bahkan sebelum usia mereka benar-benar renta.

Karya karyo

Mau buang sial nih di blog.
Jadi pada suatu ketika, aku dikasih kepercayaan untuk menjadi project leader atau person in charge Public Advertisement ... I'm shocked! Betapa tidak, ini dunia antah berantah yang ga pernah sedikitpun terlintas di tempurung kepalaku. Pertanyaan selanjutnya, ini beneran? why me? why not them, the seniors or someone expert on this?

Di tengah kekalutan luar biasa, satu-satunya pelarian adalah balik ke meja kerja...buka browser and starting to seek any information about how to make this thing. Buta total sama yang namanya iklan ini bukan modal yang baik sebagai pimpro. Parah.

Tim cuma terdiri dari 4 orang aja, tema uda ada...tinggal bikin ceritanya aja. Tapi ya, itu susaaaaah banget. Di sini aku sadar bahwa yang namanya IDE itu memang mahal harganya. Ga bisa ditakar sama mata uang apapun. Brainstorming lagi..lagi ... dan lagi. Sebagai PIC, aku dituntut untuk menciptakan sesuatu, untuk kemudian di share dengan tim. Dari literatur yang aku baca, ide itu core-nya harus dari 1 orang dulu, ga boleh rame-rame karena ide ga bisa ditemukan oleh banyak kepala. Penyempurnaan ide itulah yang bisa dikerjain bareng-bareng.

Di film Perahu Kertas, ada adegan dimana tim Avocado deadlocked .... alias ketemu jalan buntu. Nah, itu juga terjadi pada kami. Bikin senewen sangat, gemes, sampe ada satu saat aku pengen nangis saking sebelnya. Emosi jiwa parah.

Tiga konsep uda terbentuk, storyboard udah,,,next step adalah brainstorming dengan bagian lain untuk mendapatkan masukan, kritikan, syukur-syukur ide baru. Layer pertama ini bisa dibilang bencana buatku, karena ketiga konsep tersebut "dibantai" habis-habisan di forum. It feels like "Hey...we're doin' this with our brain!". Tapi itu cuma teriakan dalam ati aja sih...kalo boleh teriak sih bakal gini, "come on people, give us new idea, not just criticism as if we're doin' nothing!" Huft....

Setelah tiga konsep itu gugur mengenaskan, akhirnya aku harus bikin konsep baru. Well, rasanya kayak di neraka karena kali ini aku harus bikin konsep dari nol dalam waktu kurang lebih 3 jam saja! Kebayang ga sih...semua tim frustasi, apalagi aku. Pengen lari ke jendela trus terjun bebas ... ngelupain tu konsep-konsep iklan .... putus asa.

Dengan sisa-sisa tenaga dan cairan otak, 2 konsep baru akhirnya tercipta (beuh..tercipta). Dikirim ke vendor dan yap nunggu meeting dengan vendor dan sutradaranya. Two days later, ketemuan sama vendor dan sutradara. Sangat berharap dua konsep tadi bisa lanjut meski ada perbaikan di sana sini. Dan Alhamdulillah proses awal berjalan mulus....

Syuting, untuk konsep yang sederhana kami satu tim bisa ikutan nonton. Asyik juga ternyata pengambilan gambarnya. Sayang untuk konsep yang kedua, kami ga bisa ikutan karena tempatnya jauh di sukabumi sana. Sekarang iklannya lagi dalam proses editing, mixing dll. Tenggat waktu penayangan uda sebentar lagi. Proyek pertamaku selama jadi government employee nih...gilak susah banget...beruntung banget punya tim yang hebat...

name of "fg"

Pagi-pagi buka web, my daily activity, mo kerja, there are 7 news today. salah satunya tulisanku, sedikit senang karena cuma ada sedikit editing yang tidak terlalu substansial. Mengingat kemampuan menulisku yang sangat-sangat jauh dari dibilang baik apalagi nulis berita, jaaauuuuuuh...dibandingin temen-temen lainnya apalagi, minder badai deh.

Nulis 3 paragraf itu kayak nulis 3 lembar folio full, penuh perjuangan *setidaknya buat aku. Oke, sebenernya yang bikin aku pingin nulis di sini bukan itunya sih, tapi inisial yang dicantumin di akhir paragraf (oleh editor). Kan selalu ada inisial pembuat berita yah, dan biasanya itu singkatan dari 2 suku kata nama kan, misalnya rh buat rudi handoyo (jadul banget yak namanya hahaha) dst. Nah di akhir paragrafku, yang tertera adalah "fg" means fietha geulis HAHAHAHAHA. *jadi pingin ganti nama aja jadi fietha geulis beneran wkwkwk.

sumpah tulisan ini ga penting, banget hahahaha good morning people.....


uda jadi horeey

tadaaaa......
ini bikin stress karena dapurnya masih nganga alias terbuka *tepok jidat

ini kamar depan 

nah, kalo yang ini ruang tamu (merangkap garasi kali yah, hahaha)

toiletnya belom dipasang sih, tp yang lain uda ok

kamar tidur belakang, rencananya mo aku pake buat perpustakaan miniku *old plan


apa yah,,,meteran listrik. Pake pulsa horeeey ga usah ngantri bayarnya :p

Final look

Taken on Monday, July 7, 2013

Shot..



Ini gambar mbah-mbah pedagang di pasar darurat Temanggung. Jadi pemerintah ngasih bantuan pinjaman ke pemda Temanggung untuk membangun kembali pasar tradisional menjadi pasar tradisional yang layak dan (tetep) murah. Nah, pejabat yang dari pusat ga cuma ngasih bantuan doank donk, pasar yang lama (udah dirobohin) diliat plus pasar daruratnya.

Yang lucu, ada seorang ibu-ibu penjual cabe dengan polosnya nanya ke kita dengan bahasa jawa yang aku terjemahin begini "mbak, ini ada apa yah?Kok para priyayi datang ke pasar? (priyayi=orang terhormat, bangsawan) ... nah lo...padahal kita pake baju casual, yang pake baju resmi justru orang-orang pemkabnya hehehehe....ya dijawab aja, "kita bukan priyayi bu, kita sama aja kayak ibu. Rakyat biasa." 

Iseng aku ambil beberapa foto orang-orang ini...tapi satu aja ya yang aku upload..ini favorit banget soalnya...lucuuu

Yellow of Me




Location: Temanggung
June 14 2013
narseeesssss

One Day

One Day

They're not gonna keep me down
They're not gonna shut me out
They're gonna do what they do, I'll do me
I'm going against the crowd
I'm drowning out the doubt
They're gonna do, I'll do me
Something original, be unforgettable 
They're gonna know my name

One day, make you a believer
One day, got this all I need is
One day, don't try to tell me I can't
Right know, I'm running the future
Watch out, won't stop I'm a mover
One day, you're gonna know who I am
Oh when I'm high and free
It's not fate, wait and see, 
One day

I've been afraid to fall
Too much for something more
But now that I see that it's mine
I'll take it
Just go ahead and try
You're not gonna change my mind
There's no such thing as too late

I'm on a mission, no longer listening
to anyone that says don't try
Sometimes you feel it deep in your spirit
It's like a fire that won't die
One day,wait and see
One day,just wait and see

note: Jadi ini lagunya charice judulnya one day. Suka banget sama ni lagu soalnya isinya tu kayak nantangin orang-orang yang mau ngejatuhin mental kita habis-habisan. Kalo lagi sebel sama orang, aku suka dengerin nih lagu dan memvisualisasikan adegan ngata2in tu orang pake lirik lagu ini di depan mukanya. Hahahaha, meskipun cuma kejadian imaginer, tapi lumayan meredam amarah kok. Dengerin deh kapan-kapan, musiknya lumayan nge-beat, mau liat videonya? klik di sini ^^v 

Tuntas Rantau 1 Menara

Kecepatan membacaku sepertinya menurun, biasanya satu novel tebel bisa aku habiskan maksimal 3 hari dari sejak tanggal pembelian. Bahkan untuk novel yang super favorit, bisa kulibas (caelah libas) dalam sehari saja *sombong. Rantau 1 menara yang berisi kurang lebih 400 halaman ini baru bisa aku rampungkan hari ini, yap genap 11 hari sejak buku itu "mendarat" di meja kerjaku. Too long ...

Buku ini special karena didalamnya banyak sekali pengalaman-pengalaman hidup penting yang diceritain penulis (baca: A. Fuadi). Tentang tumbangnya orde baru, tentang karir jurnalistiknya di "Derap" (media cetak yang pernah diberedel selama orba), tentang kisah romantisnya, tentang beasiswa yang akhirnya melemparnya ke Dream Land Amerika yang membuatnya menyaksikan dahsyatnya peristiwa 11/9 silam. Secara keseluruhan, buku ini seirama dengan buku-buku biografi tokoh besar macam pak Habibi. Diawali dengan perjuangan dari nol sampai kemudian menjadi sukses. Tapi setiap tokoh punya cerita sendiri, punya keunikan sendiri dan punya sudut pandang sendiri. Inilah yang menurutku akan sangat membedakan satu buku (biografi) satu dengan yang lain.

Bagian favoritku adalah ketika Alif mulai menjalani karirnya sebagai jurnalis di media yang membela kebenaran anti sogokan dalam bentuk apapun. Dia menceritakan detil proses dirinya digodok selama 6 bulan untuk menjadi seorang pewarta yang matang dan anti suap. Bagaimana menyajikan berita (baca: kebenaran) kepada masyarakat berdasarkan riset, data dan fakta tetapi tetap memiliki seni penulisan yang baik. Sesuatu yang mungkin saat ini sudah jarang dimiliki media (apalagi infotainment).

"Mantra" Man saara ala darbi washala -Siapa yang berjalan di jalannya akan sampai di tujuan,  menjadi jantung dari kisah perantauan Alif dalam buku ketiganya ini. Tapi dari 400 halaman tadi ga semuanya serius kok, ada juga taburan jokes2 khas "pribumi" yang kadang-kadang bikin de javu juga sama masa lalu. Intinya, buku terakhir dari trilogi Negeri 5 Menara ini berisi full perjuangan hidup Alif yaitu karir, pasangan jiwa, dan yang terpenting penentuan akan dimana hidup ini akan bermuara. That's why this book entitled Rantau 1 Muara hehehe *sok teu

Membaca kisah tokoh hebat selalu memberi lecutan semangat. Setidaknya itu yang selalu aku rasakan setelah menamatkan lembar terakhir dari kisah petualangan orang lain. Mengambil hal yang baik dan menertawakan yang kurang baik hahahaha.....semoga buku ini bisa memacu semangat aku, atau kita semua yang uda membacanya untuk lebih maju lagi. Seperti harapan pak Habibie:
"Andaikan banyak anak bangsa yang mempunyai kesempatan dan pengalaman seperti mereka (Alif dkk), akan beruntunglah bangsa Indonesa dalam mewujudkan masa depannya yang maju dan sejahtera, yang disegani dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain."
Selamat membaca...... ^.^v

PLIS BE AWARE!


Ini keprihatinanku yang amat sangat terhadap kasus penipuan atas nama Kementerian Keuangan. Setahun yang lalu, kami harus menghadapi sekitar 20 orang berpakaian batik rapi berwajah letih dan tatapan kosong. Mereka harus merelakan uang 150 juta yang raib dibawa penipu. Mereka adalah para orang tua yang ingin anak-anaknya mempunyai masa depan. Mereka rela melakukan apa saja demi masa depan anaknya termasuk menjual harta benda. Tapi apa daya, ternyata mereka menjadi korban, korban penipuan.

Jadi komplotan penipu ini sangat profesional dan rapi. Aku membayangkan, pasti mereka punya kemampuan  marketing yang sangat luar biasa sehingga mereka bisa menjaring korban yang tak bisa dibilang sedikit. Waktu aksi sangat pas, menjelang rekruitmen pegawai baru. Tahun lalu, menkeu memang sempat mengeluarkan statement bahwa kemenkeu membutuhkan tambahan pegawai. Informasi ini rupanya dimanfaatkan betul oleh komplotan ini. Modusnya, mereka menawarkan kepada para orang tua bahwa di kemenkeu akan ada rekruitmen pegawai secara diam-diam. Maksudnya para calon pegawai ini nantinya akan otomatis menjadi pns kemenkeu karena akan menggantikan posisi2 kosong akibat para pegawai lama yang masuk masa pensiun.

Pelaku meyakinkan mereka dengan mengatakan bahwa dia adalah pegawai unit tertentu di kemenkeu. 150 juta mengalir masuk ke rekening penipu, tak hanya dari satu orang saja melainkan lebih dari 20 orang. Hari yang dijanjikan untuk "pelantikan pegawai baru" pun tiba....para orang tua berbondong-bondong datang ke kantor. Berpakaian batik, layaknya ke kondangan. Rapi dan resmi. Tapi, begitu terkejutnya mereka karena tak ada acara pelantikan seperti yang diberi tahukan sebelumnya, bahkan orang yang selama ini memberikan instruksi kepada mereka pun seperti hilang ditelan bumi. Mereka tertipu.

Hari ini, kejadian seperti itu terulang lagi. Kali ini korban lebih banyak, 100 orang. Setiap orang harus menyetor uang sebesar 200 juta (DUA RATUS JUTA!!!!). Namun, cara yang digunakan pelaku lebih halus lagi, para "calon pegawai diberikan tes abal-abal  yang dilaksanakan di sebuah hotel bintang dua di Magelang. Mereka diberi seragam, dijanjikan pekerjaan sebagai pns kementerian. Bahkan mereka disediakan penginapan selama di Jakarta. Besok mereka akan langsung diikutkan prajab (kata si penipu). Dan hari ini mereka diminta melihat gedung "calon mereka berkantor nanti" sebelum prajab. Sebanyak 3 perwakilan (dari 100 korban) diminta datang, tapi anehnya si bapak (baca:penipu) yang mengaku Dirjen salah satu unit di kemenkeu tak bisa dihubungi sama sekali. Mereka kebingungan, panik dan baru sadar bahwa mereka menjadi korban tindak penipuan. Si penipu yang mengaku pejabat kemenkeu ini mengaku akan menggantikan M. Chatib Basri menjadi Menteri Keuangan pada 2014 nanti, dan pelaku juga mengaku berteman baik dengan Ibu Sri Mulyani. Selain itu, penipu juga meyakinkan para korban dengan memberikan SK PNS bertanda tangan Dirjen. OMG

Tahun kemarin pelaku beraksi di Solo, dan tahun ini di Magelang. Korban tak hanya berasal dari Jawa tapi sampai Sumatra dan Sulawesi. Tak tega rasanya melihat wajah-wajah putus asa itu. Mereka bersikeras ingin bertemu Menteri Keuangan untuk mengadu. Segala identitas palsu si pelaku sudah di cross check di bagian kepegawaian, dan semuanya palsu alias ga ada. Positif, ini PENIPUAN. Sedih banget.

Kami bukannya tinggal diam, berkali-kali membuat announcement di website maupun televisi tentang penipuan mengatasnamakan instansi ini. Tapi entah kenapa, korban terus bertambah, apakah memang himpitan ekonomi bikin orang jadi berpikir pendek, atau memang mental sebagian SDM Indonesia yang melorot? Entahlah.

Jadi, please, siapapun yang membaca tulisan ini....mark this, menjadi pegawai negeri itu ada tahapannya, ada prosesnya. Ga instan, ga ada duitnya. Setidaknya itu yang aku alami. Segalanya yang serba instan perlu DIWASPADAI, dan jangan pernah tergiur dengan janji-janji manis penipu. Kalo ada yang nawarin jalan pintas macam itu, just say NO, BIG NO!!!Percayalah pada kemampuan kamu sendiri.

Communal Spirit in Fast and Furious 6

Jadi hari Rabu, 22 Mei 2013 kemarin adalah hari yang ditunggu-tunggu bagi penggemar aksi kebut-kebutan Dominic Toretto and his team, karena hari itu film ini diputar serentak sedunia. Demi menonton aksi mereka, tak segan aku bela-belain nuker jadwal piket di kantor demi Dom hehehehe *thank to Kukuh for switch

Pukul 08.30, aku uda duduk manis di kursi bioskop kesayangan. Animo penonton uda terlihat sejak awal, kursi penonton ludes tak bersisa dilalap mata-mata yang haus aksi balapan liar. Top. Nah, film diawali dengan potongan-potongan adegan pada seri 1-5 terdahulu. Ini bikin kita terpancing ingetannya dan rasanya pengen banget nonton ulang dari FF 1-5. Habis itu adegan diawali dengan aksi kebut-kebutan 2 mobil milik Dom dan Brian di jalanan yang suoer keren, jalanan yang meliuk-liuk di bibir tebing. Aku kirain mereka balapan buat taruhan tapi ternyata mereka balapan demi nyampai rumah karena Mia melahirkan. keren.

Dom, Mia, Bryan dan semua anggota tim yang lain sudah tenang dan nyaman itu tiba-tiba terganggu dengan kehadiran Hobbs, masih inget kan tokoh ini. Kali ini Hobbs datang bukan untuk menangkap Dom dkk, tapi dia malah minta bantuan Dom and the gang untuk nangkep sekelompok kriminal yang susah dilumpuhkan. Awalnya Dom ga tertarik, tapi demi melihat foto Letty (kekasih Dom yang sudang meninggal di seri ke 4) yang ternyata masih hidup, Dom pun menerima tawaran Hobbs.

Petualangan dimulai. Kelompok kriminal itu ternyata memang kelas tinggi. Mereka punya alat dan skill yang setara dengan Dom dkk. Mereka seperti melawan kembaran masing-masing. Seru.

Daya tarik untuk film yang berseri adalah pemainnya. Pemain yang konsisten sama, ga diganti-ganti. Jadi penonton ga perlu mikir dua kali lagi, tinggal menyambung pecahan-pecahan adegan dan cerita dari sekuel sebelumnya. Nah, inti cerita dari film FF 6 ini sebenarnya adalah semangat kelompok dan keluarga. Kebersamaan antar anggota keluarga. Aksi-aksinya juga lebih keren, meski banyak juga tebaran humor di sana-sini, pas waktu berantem ..wuiih tegang gilak, tahan napas deh pokoknya.

Karena penjahatnya dibuat sangat kuat di seri ini, maka aksi kebut-kebutan plus berantemnya juga lebih dahsyat. Sisi melankolis Dom dikuras habis di sini. Yang bikin sedih adalah, tim berkurang satu, Giselle si sexy penembak jitu and pacarnya Han tewas karena ngelindungi Han (so sad either romantic). Trus karena Letty uda balik, Elena yang selama ini nemenin Dom (polisi wanita Brazil) harus pergi kembali bertugas setelah dosa-dosa mereka dihapus oleh negara. Padahal aku lebih suka Dom sama dia :p

Oiya, jangan lupa aksi si Joe Taslim (sebagai Jah), aktor Indonesia yang ga kalah keren sama pemain-pemain kelas dunia itu. Porsi bermain Joe Taslim ga sedikit, ga cuma jadi tempelan aja. Meski jadi pemeran pendukung antagonis alias musuhnya Dom, kemampuan bela dirinya ditunjukin maksimal di adegan duelnya lawan Han dan Roman plus beberapa polisi di stasiun bawah tanah London. Dia juga ga cuma berantem, di aksi kebut-kebutan, Joe juga ikutan jadi pemeran "utama" dengan jadi operator tank. Dan yang bikin penasaran, ada dialog bahasa Indonesia juga disitu meski cuman dikit yaitu di menit ke 30 (kalo ga salah) waktu kejar-kejaran pertama  di dalam terowongan, si Joe bilang "hantam mereka, Vegh!".

Overall, penonton ga akan rugi deh bela-belain ngantri dan ngerogoh kocek untuk nonton FF 6. Rating 9 deh untuk Film ini!!!!! Puasss

Rantau 1 Muara on board!

Finally, after waiting for about 2.5 months... this Rantau 1 Muara book has arrived safely on my desk. It is time to say HoreeeeYYyyy........Couple weeks ago, a friend who also loves this book delivered her protest upon the book's cover. She said that the cover is just the same as Perahu Kertas'. Well, initially I ignore it, but once I got it, i knew that she's right. It has the same color, look at the green and orange color, and don't miss the boat at the right bottom corner. They are so common, right?

Anyway, neglecting those similarities, I'm glad that I now own this A.Fuadi's masterpiece. I got his signature as well, written on the soft cover page inside. OMG, how can I say then....I made it!!! for me, collecting favorite novel/book together with the writer's signature is challenging. My pride, my ego, my fun project which may some people sees it as dull. But yes, i enjoy this very much beyond my expectation before hahahaha...

Now, please meet my Rantau 1 Muara by A.Fuadi  *jeng,,,jeng,,,jeng.........


Diary (left) as compliment and the novel (right)

A.Fuadi's signature ^.^v
   
Happy reading people.....

Demotivated

Hai, on board lagi aku.
It is about the scholarship I've written earlier. How can I say, it is cancelled. Boleh cari padanan kata lain kali ya...tepatnya dipaksa untuk mundur alias ga ngedaftar. Kenapa? Jawabannya cuma dua kata; SUBJECTIVITY AND ARROGANCE

Ini cerita basi yang harus aku tulis karena kalau disimpen terus bisa bikin sakit jantung. Bea siswa luar negeri itu adalah kesempatan bagi mereka yang pingin maju, pingin pinter, pingin move on, pingin dinamis. Setidaknya menurutku begitu. Sebuah organisasi, mau pemerintah atau swasta, yakin seribu persen bakal kuat dan maju kalo orang-orang yang didalamnya, bukan cuman pimpinannya, itu qualified. Bagi yang beragama Islam, udah ada sabda Rasulullah yang intinya sebuah urusan (pekerjaan, masalah dll) akan berhasil di tangan ahlinya. Nah, bagaimana bisa jadi ahli? Jawabannya BELAJAR. Dimana? di mana aja di muka bumi ini. Kapan? Kapanpun anda punya kesempatan dan niat. Betul ga sih??

Program bea siswa luar negeri ini merupakan komponen Kesempatan. Dan kesempatan itulah yang paling langka. Melewatkan kesempatan, sama aja menyia-nyiakan rejeki, peluang untuk maju. Fyi, program ini adalah terbuka untuk siapa saja meski ada jalur khusus bagi civil servant. Tapi bukannya khusus ga pake tes, semuanya harus berkompetisi beberapa tahap untuk bisa meraih tiket belajar tadi.

Cita-cita untuk bisa sekolah lagi ini mendadak menjadi buram sebelum akhirnya bener-bener gelap gulita setelah niat yang udah membara disiram dengan air es...langsung mati ti ti....menyedihkan. Alasannya? "Karena anda sudah pernah S2, ngapain S2 lagi?" Kalau udah seperti itu, aku sudah males arguing. Pernyataan itu sudah menunjukkan bagaimana kerangka berfikir si pembuat statement.

Ibarat kalah di rumah sendiri sebelum bertarung melawan pejuang lainnya di medan laga yang sebenarnya, satu per satu dari kami yang udah on fire untuk mendaftar akhirnya mundur dengan terpaksa, nggondok luar biasa, mengutuk sistem yang dibangun seenaknya oleh satu pihak, dan mengolok masa depan. Seorang teman jaman kuliah dulu pernah bilang, "kita bisa ngebedain kualitas dosen bahkan hanya dari asal universitasnya. Kalau dosen tsb udah pernah kuliah/belajar di luar negeri pasti cara mengajar dll sangat menyenangkan, ga kolot dan open terhadap masukan dan pertanyaan mahasiswa. Kalau dia lulusan dalam negri, ya pasti ga mau dikritik, mau menangnya sendiri, ga mau mengakui kesalahannya." Dan aku sangat mengamini diskusi ringan kami tersebut.

Ga mendiskreditkan yang lulusan dalam negri sih, toh aku juga lulusan dalem negri S2 nya, cuma hal yang kami obrolkan tadi memang benar. Alasannya? Simple, orang/akademisi yang pernah belajar di luar negeri akan lebih terbuka pemikirannya. Mereka lebih tau sistem pendidikan ataupun cara2 yang dipake di luar negeri sono yang jauh lebih efektif tentunya. Bisa membandingkan perbedaan2 tersebut dengan keadaan di dalam negeri untuk kemudian diambil yang baik-baik untuk diterapkan di dalam negeri. Pada intinya, mereka tak lagi menjadi katak dalam tempurung...mereka uda bertransformasi menjadi pangeran atau putri yang cakep.

Aku sendiri sangat kepingin untuk bisa belajar ke luar negeri. Pingin tau gimana sistem belajar di negara-negara maju itu. Pastinya akan lebih banyak masukan, pengalaman dan pengetahuan yang sangat berharga. Sayangnya niat untuk maju ini diboikot, dibajak dengan semena-mena. Belajar itu hak asasi manusia, bukan hak atasan atau siapapun yang memegang kuasa. I-r-o-n-i-s

Yogyakarta in a while

Fajar di Langit Jakarta

Awannya kayak ombak di laut :)

wayang itu klasik




hanya ada di Yogyakarta

trans Jogja :D

segini banyak cuma IDR30,000

minyak kemiri asli + mainan kayu

Pictures taken on May 15-16 2013
Location: Jakarta and Yogyakarta
Photographer: me ^.^v

New yogini

Udah dua minggu aku menjadi yogini, sebutan untuk orang (perempuan) yang melakukan kegiatan/latihan yoga (yogis=universal, yogin=laki-laki). Sekitar tiga mingguan yang lalu, salah seorang teman kantor berinisiatif untuk berlatih yoga dengan mendatangkan trainer profesional. Tarif untuk trainer bersertifikat memang bisa dikatakan mahal. Untuk 4 kali pertemuan tarifnya sebesar dua juta sekian rupiah. Untuk itu temanku tadi ngumpulin teman-teman sesama perempuan untuk ikutan yoga...tujuannya sih biar bayarnya bisa ditopang bareng-bareng alias patungan hahahaha...

well, yoga memang bukan hal yang asing. Beruntung aku dulu pernah ikutan silat, yang ada bagian meditasi dll-nya di dalamnya. pengalaman di silat sangat sangat membantu. guru yoganya langsung tau dan nanya apa aku pernah ikutan yoga (I said i used to practice meditation), mungkin karena di beberapa gerakan aku terlihat sedikit luwes hehehe *sombong. duduk lotus, setengah lotus, itu uda ada di gerakan silat, bahkan gerakan sangat awal seperti meditasi.

Kesan pertama latihan yoga ... fun! Badan yang uda kaku BANGET bisa pelan-pelan dilenturkan. Memang ga bisa instan si, harus rutin. Olah raga apapun perlu latihan kan, untuk beberapa gerakan aku sedikit agak cepet bisa karena ya itu tadi, pernah dipelajari waktu masih getol latihan silat. Tapi masih banyak juga gerakan yang butuh ketelatenan untuk dipelajari.

Yoga itu relax. Kalo diliat sepintas, yoga tu kayak senam lansia. lambaaat banget temponya, tapi for your information, justru karena gerakan yang lambat tadi,,,,berasanya berat banget. harus konsentrasi, relax tidak memaksakan diri sesuai kemampuan...semuanya dilakukan secara bertahap. Pernafasannya juga diatur...ada sebagian teman yang berkeringat hebat, ada yang-maaf- ngeluarin angin terus-terusan dan ada yang biasa aja (keliatannya). Yang berkeringat hebat mungkin karena jarang olah raga dan gerak. Yang keluar angin, itu menandakan organ pencernaanya mulai membersihkan diri, dan yang biasa aja itu berarti sudah menikmati gerakan demi gerakan. Itu semua kata trainer kami. Sebanyak 15 orang dengan tujuan yang beda-beda dua minggu yang lalu resmi belajar yoga, menjadi yogini pemula.

Yang asyik dari yoga (khusus di latihan ini) adalah trainernya perempuan, jadinya kami ga sungkan mau curhat-curhat gitu, trus musiknya bikin relax banget apalagi pas penutupan....98% dari kami uda ada di fase akan tidur (gelombang alfa?).... musiknya tenang, gerakannya cuma berbaring relax sambil memejamkan mata, lampu ruangan sebagian dipadamkan, dan kami diberi kata-kata motivasi tentang penerimaan diri sendiri, tentang melepaskan amarah dan hal-hal negatif lainnya. Dan akhirnya ketika lampu dihidupkan kembali, wajah-wajah segar macam bangun tidur kami yang nampak....so fresh. I think I'm in Love with yoga.

Kontroversi yoga. Aku sempat baca mengenai ketidakjelasan hukum melakukan yoga untuk kaum muslim. Ini pendapat pribadi aku ya, dari beberapa artikel yang aku baca, yoga memang awalnya dilakukan oleh umat Hindu. Tapi yoga sendiri bukanlah bagian dari ritual keagamaan. Dari definisinya, yoga berarti penyatuan jiwa dan raga. jadi sepertinya ga ada hubungannya dengan ritual agama Hindu. Dan yoga sendiri tidak melafalkan mantra, bantuan jin apalagi. Semuanya seperti olah raga biasa. Dari sebuah artikel tanya jawab, ada seorang penanya menanyakan kepada seorang guru profesional yoga dari India, apakah semua umat hindu di India melakukan yoga. Sang guru/trainer menjawab tidak, karena yoga bukan bagian dari agama melainkan warisan budaya.

Hhhh.....jadi pemirrrsaaaa.....semuanya kembali kepada niat si yaah...aku sih niatnya olah raga ngurusin badan , secara kerja selama 8 jam (atau bahkan lebih) kebanyakan duduk alias kurang gerak. Jadi yoga menurutku sangat bermanfaat, diliat dari sisi positifnya aja deh...hehehehe.....

ok, selamat ber-yoga semuanyaa.....

penampakan rumah terbaru

meet the newest look of my house :)

bathroom

bedroom

part of my kitchen?

Living room

taraa....no comment T.T



pictures taken on Thursday. May 9th 2013

Skor

Dua hari terakhir ini kantor heboh, ng...ga selebay itu sih...sebagian aja. Soalnya baru keluar penawaran bea siswa ke Aussy sama Eropa. Teman-teman satu angkatan udah sangat menunggu kesempatan ini setelah more than 2 years kita mupeng and ngempet banget setiap ada penawaran-penawaran kayak gitu. Aturan untuk pegawai negri kayak kita baru ngebolehin untuk cuss tugas belajar setelah 2 tahun masa kerja.

Sekolah ke LN jelas-jelas yang dibutuhin sebagai syarat utama adalah kemampuan bahasa. ya dong, ga mungkin kan kita sekolah bareng bule-bule tapi kita cengo' kayak alien karena ga nyambung ama professornya. standar kemampuan itu yang pertama pastilah skor TOEFL. Nah, ntu dia...selama bertahun-tahun lulus dari universitas, belom pernah sekalipun aku ikutan tes TOEFL, boro2 IELTS. Alasannya? ya karena uda tau aturan main tadi...bahwa dalam 2 tahun setelah resmi jadi PNS ga bakalan boleh kuliah lagi *padahal sebenernya males aja kali ya*.

Jadilah semua teman-teman heboh mendaftarkan/mengajukan diri. Biasalah, birokasinya berlapis jadi harus melewati layer2 pimpinan gitu. Aku yang apatis malah tau di detik-detik terakhir...trus kayak orang ling-lung said "OK, I'm in".

Kalo dipikir-pikir, kok rasanya aku gambling banget ya..skor TOEFL aja ga punya, berani-beraninya mengajukan diri. Semangat sebagai scholarship hunter yang dulu sempet membabi buta sekarang nampaknya udah ga segedhe dulu...I was that monster hunter , level kepedeanku dulu membumbung di atas normal, dan ironisnya I lost that hunter sense now...*melo

Well, harus belajar lagi. Sebelum tes TOEFL musti belajar lagi..buka-buka buku lagi...pasang headphone bukan buat dengerin musik atau nonton film lagi..tapi buat belajar...dan aarrgghhhh why it sounds so hard to do??? Butuh ruh si hunter lagi, pingin kerasukan semangat membara 45 kayak dulu lagi...leaving my comfort zone to conquer the giant wall....heeeelllpppp.......!!!!!


and the battle has begun! ka..me..ha..meeee....*loh?


Iron3Man


Singkat aja ya untuk ngegambarin nih film...another scientific fiction movie yang KUDU a.k.a wajib ditonton. Kenapa?? pertama, teknologinya sangat memanjakan mata bro *nganga sepanjang pemutaran film. Teknologi itu kayak candu, menarik mata untuk memandang, memaksa otak untuk mencerna dan berfikir, dan tentu saja memanjakan otak kanan yang pasti suka banget sama kerennya teknologi super duper canggih itu, membuat imaginasi liar kemana-mana. Kedua, jalan ceritanya kali ini ga bisa ditebak. Seperti menyatukan puzzle dari seri-seri iron man 1,2 plus the Avenger. Sisi lain dari (terutama) Tony dan Pepper lebih ditonjolkan. Ketiga, pesan moralnya kali ini lebih dalem. Jadi di balik aksi dan jokes segar sepanjang film, kamu akan mendapatkan pesan moral yang bahkan ga terpikirkan akan muncul di film kayak gini. Keempat, ada hero baru namely the Patriot (icon amrik beud). Tapi masih jauh lebih keren Iron man kok hehehe. Kelima, aku pengen nonton lagi plus ngoleksi seri 1-3 komplit....sumpah keren badai!

Udah gitu aja ya, ini bukan review kayak sebelum-sebelumnya ya...hanya sebagai apresiasi penonton (dan itu saya) setelah menonton box office ini. Saking banyaknya yang WOW jadinya lebih baik kamu nonton sendiri deh di bioskop. Happy watching then....


Oblivion


Oke, jujur, tertarik nonton film ini awalnya karena pemeran utamanya Tom Cruise hehehehe, trus yang kedua, adalah karena ni film bergenre science fiction, one of my fave movie to watch.

Jadi ceritanya, bangsa alien yang disebut "pemakan bangkai" tu udah menghancurkan bulan. Ini memicu bencana masive seperti tsunami dan gempa bumi. Perang antara manusia dengan alien pun ga bisa dihindari lagi. Manusia menang, tapi sayangnya bumi uda terlanjur rusak parah (hanya menyisakan debu dan radiasi). Manusia yang masih tersisa ngungsi ke salah satu satelit/bulan Saturnus yang disebut Titan, dan beberapa lagi untuk sementara tinggal di stasiun angkasa bernama Tech.

Jack (Tom Cruise) dan Vika (Andrea Riseborough) adalah salah dua manusia yang masih bertahan di bumi yang uda rusak tadi. Tugas mereka adalah memperbaiki robot-robot patroli yang rusak karena diserang alien plus mengawasi mesin hidro raksasa penyedot air laut untuk dipindahin ke planet Titan. Penyedotan air laut ini juga bertujuan biar alien-alien di bumi bisa cepet ketangkep dan kehabisan air.

Di menit-menit pertama, segalanya kayak berjalan lambat gitu. Adegan hanya berisi Jack yang bertugas memperbaiki robot SENDIRIAN, tentang rutinitas monotonnya yang cuma itu-itu aja, tentang mimpi-mimpi masa lalunya ketika bumi masih normal (it was like 60 years ago). Tapi ketika karakter-karakter lain masuk, keseruannya baru mulai kerasa. Kepingan-kepingan masa lalu yang perlahan-lahan terungkap juga jawaban-jawaban atas keraguan Jack ini bener-bener bikin penasaran. Ga bisa ditebak. Keren.

Dari segi cerita sebenernya mirip-mirip kayak science fiction lainnya, ada perangnya, ada sisi kemanusiaannya, ada cinta dan ada pengorbanan juga. Tapi yang bikin WOW itu adalah design-design pesawatnya, robot, rumah yang "melayang" dengan kolam renang transparan, kostum, senjata...semuanya sangat modern, minimalis..o iya ada lagi, sepeda motor futuristiknya keren; bisa dilipet dan ada alat-alat multifungsinya.

Yang terakhir, pemain-pemainnya donk, ga usah diraguin lagi deh. top. Selamat Menonton ya...













Setelah Nonton Madre the movie

Hai penggemar karya Dee, uda pada nonton Madre donk yah ....

Film Madre ini berkisah tentang seorang pemuda Bali Tansen Roy Wuisan yang merupakan seorang surfer yang suka traveling mencari ombak yang tinggi sekaligus blogger aktif. Dia sangat suka dan menjunjung tinggi kebebasan. Tapi, begitu dia mendapati dirinya adalah seorang cucu dari seorang pengusaha roti asal Bandung bernama Tan Sin Gie, hidupnya berubah. Dari almarhum kakeknya, dia mendapat warisan berupa toko roti Tan de Baker yang udah ga beroperasi lagi a.k.a mati. Tapi, Tan de Baker masih memiliki sesuatu yang masih hidup, yaitu Madre-biang roti yang selama ini menjadi resep rahasia kelezatan roti-roti Tan de Baker.

Awalnya si Tansen cuek sama warisan kakeknya itu, bahkan dia berniat menjual Madre kepada Meilan Tanuwidjaja-seorang gadis pengusaha toko roti modern Fairy Bread yang menggemari tulisan Tansen di blog. Tapi, karena terenyuh sama semangat penjaga Tan de Baker beserta mantan pegawai-pegawainya yang uda ga muda lagi, si Tansen ga jadi ngejual Madre. Doi malah bertekad untuk menghidupkan kembali Tan de Baker.

Sebagai pembaca novel sejati, film ini sangat aku tunggu untuk jadi korban celaan-ku. Ada hal-hal yang menurutku sedikit mengecewakan. Madrenya tuh kurang dapet filosofinya, kurang dapet sakralnya. Jadi kalo orang yang belom pernah baca Madre, trus nonton ini, tu orang bakal ga bisa ngerasain kesakralan Madre. Padahal Madre di sini adalah "tokoh" utama yang punya filosofi hidup yang dalem.

Kalo dari sisi pemainnya sih, Vino G Bastian sebagai Tansen udah oke banget. Tampilan emosinya stabil dan chemistry-nya sama si Meilan (Laura Basuki) cukup kuat. Trus, biang lucunya yaitu Pak Hadi (Didi Petet) bikin film bernuansa komedi romantis ini nyaman untuk ditonton ga ngebosenin. O iya, yang bikin aku gemes sepanjang film adalah WIG si Vino....jadi di film ini si Tansen rambutnya gimbal kayak alm mbah surip gitu.  Daaaan, tu rambut beneran ga alami (PR nih buat make up artist Indonesia). Vino keliatan banget kalo pake wig. Gengges. 

Emang ga gampang sih ya mengadaptasi karyanya si Dee yang punya kadar filosofi tinggi, super duper keren. Apalagi di film ini, Dee ga dilibatin seperti di Perahu Kertas. Jadi wajar deh kalo sedikit berkurang kedalaman ceritanya. After watching this movie....aku langsung nyari Jl Braga (setting Toko Tan de Baker) di Bandung, karena kebetulan besokannya aku main ke Bandung. Trus jadi kepo gitu sama roti, ngebayangin biang rotinya (baca:madre) Breadtalk, Jco, Dunkin' Donnut....Ng..tapi efek langsung dari nonton film ini adalah laper!!! *waspadalah...waspadalah..*

Oks, sekian ulasan ngaco dari saya...jika ada kesamaan tokoh, tempat dan tulisan, harap diacuhkan saja. Karena sumpah, saya ga sengaja... *angkat tangan tekuk satu kaki*.

lumayanlah