Karena manusia memiliki rasio maka ia bisa menjadi poros alam. Jangan mau dikalahkan oleh keadaan. Bermimpi dan berjuang seterusnya, selamanya!

Karya karyo

Mau buang sial nih di blog.
Jadi pada suatu ketika, aku dikasih kepercayaan untuk menjadi project leader atau person in charge Public Advertisement ... I'm shocked! Betapa tidak, ini dunia antah berantah yang ga pernah sedikitpun terlintas di tempurung kepalaku. Pertanyaan selanjutnya, ini beneran? why me? why not them, the seniors or someone expert on this?

Di tengah kekalutan luar biasa, satu-satunya pelarian adalah balik ke meja kerja...buka browser and starting to seek any information about how to make this thing. Buta total sama yang namanya iklan ini bukan modal yang baik sebagai pimpro. Parah.

Tim cuma terdiri dari 4 orang aja, tema uda ada...tinggal bikin ceritanya aja. Tapi ya, itu susaaaaah banget. Di sini aku sadar bahwa yang namanya IDE itu memang mahal harganya. Ga bisa ditakar sama mata uang apapun. Brainstorming lagi..lagi ... dan lagi. Sebagai PIC, aku dituntut untuk menciptakan sesuatu, untuk kemudian di share dengan tim. Dari literatur yang aku baca, ide itu core-nya harus dari 1 orang dulu, ga boleh rame-rame karena ide ga bisa ditemukan oleh banyak kepala. Penyempurnaan ide itulah yang bisa dikerjain bareng-bareng.

Di film Perahu Kertas, ada adegan dimana tim Avocado deadlocked .... alias ketemu jalan buntu. Nah, itu juga terjadi pada kami. Bikin senewen sangat, gemes, sampe ada satu saat aku pengen nangis saking sebelnya. Emosi jiwa parah.

Tiga konsep uda terbentuk, storyboard udah,,,next step adalah brainstorming dengan bagian lain untuk mendapatkan masukan, kritikan, syukur-syukur ide baru. Layer pertama ini bisa dibilang bencana buatku, karena ketiga konsep tersebut "dibantai" habis-habisan di forum. It feels like "Hey...we're doin' this with our brain!". Tapi itu cuma teriakan dalam ati aja sih...kalo boleh teriak sih bakal gini, "come on people, give us new idea, not just criticism as if we're doin' nothing!" Huft....

Setelah tiga konsep itu gugur mengenaskan, akhirnya aku harus bikin konsep baru. Well, rasanya kayak di neraka karena kali ini aku harus bikin konsep dari nol dalam waktu kurang lebih 3 jam saja! Kebayang ga sih...semua tim frustasi, apalagi aku. Pengen lari ke jendela trus terjun bebas ... ngelupain tu konsep-konsep iklan .... putus asa.

Dengan sisa-sisa tenaga dan cairan otak, 2 konsep baru akhirnya tercipta (beuh..tercipta). Dikirim ke vendor dan yap nunggu meeting dengan vendor dan sutradaranya. Two days later, ketemuan sama vendor dan sutradara. Sangat berharap dua konsep tadi bisa lanjut meski ada perbaikan di sana sini. Dan Alhamdulillah proses awal berjalan mulus....

Syuting, untuk konsep yang sederhana kami satu tim bisa ikutan nonton. Asyik juga ternyata pengambilan gambarnya. Sayang untuk konsep yang kedua, kami ga bisa ikutan karena tempatnya jauh di sukabumi sana. Sekarang iklannya lagi dalam proses editing, mixing dll. Tenggat waktu penayangan uda sebentar lagi. Proyek pertamaku selama jadi government employee nih...gilak susah banget...beruntung banget punya tim yang hebat...

No comments:

Post a Comment