Karena manusia memiliki rasio maka ia bisa menjadi poros alam. Jangan mau dikalahkan oleh keadaan. Bermimpi dan berjuang seterusnya, selamanya!

Egoisme

EGOIS itu kata sifat, sifat siapa? Sifat manusia. Egoisme menurut kamus adalah tingkah laku yang didasarkan atas dorongan untuk keuntungan diri sendiri daripada untuk kesejahteraan orang lain; dalam konteks filsafat bisa diartikan sebagai teori yang mengemukakan bahwa segala perbuatan atau tindakan selalu disebabkan oleh keinginan untuk menguntungkan diri sendiri. 

Adalah manusia yang punya sifat ini, begitu alami dan manusiawi hingga manusia tak menyadarinya. Kalo dimasukkan dalam konteks agama (yang saya anut), egois termasuk nafsu kali ya. Sama seperti amarah, dendam, benci, lapar dll. Kenapa aku nulis egois di sini? Karena aku adalah korban dari keegoisan itu sendiri. Egoisme bisa menjangkiti siapa saja, ga kenal label anda apa, kedudukan anda apa. Kalo anda egois, ya egois aja.

Pribadi egois adalah pribadi yang melihat segala sesuatu dari perspektifnya sendiri, dari kacamatanya, dari sudut pandang ke”aku”annya. Sehingga dia tidak mampu memahami pemikiran/perasaan orang lain, lebih parah lagi memang tidak mau melihat dan berpikir dari perspektif lain selain dirinya sendiri. Orang-orang seperti ini biasanya selalu menuntut orang lain untuk mengikuti pendapatnya, mengakui “kebenaran” dari dirinya. Pingin tampil banget dan paling ga suka kalo pendapatnya dikritik. Ada lagi, pribadi kayak gini biasanya mendewakan kepentingan pribadinya sendiri. Egois bisa disinonimkan dengan oportunis kalo gitu. Jadi jangan pernah berharap ketulusan keluar dari pribadi macam ini karena ya memang tujuan utamanya selalu demi kepentingan dan keuntungan dirinya sendiri. 

Keegoisan selalu memakan korban. Itu sudah pasti. Masalah kejiwaan seperti ini sangat susah mencari obatnya. Sebagai korban, aku sudah berusaha semaksimal mungkin untuk bersabar. Berdoa semoga yang Maha Bijak disana berkenan memberikan pencerahan bagi si penderita egoisme tadi…Ga ada manusia dimanapun di dunia ini yang mau jadi korban keegoisan. Sakit banget rasanya, geregetan dan butuh kesabaran yang luar biasa … efek paling parahnya adalah …matinya harapan, hancurnya masa depan, luka psikologis yang permanen.

No comments:

Post a Comment