Karena manusia memiliki rasio maka ia bisa menjadi poros alam. Jangan mau dikalahkan oleh keadaan. Bermimpi dan berjuang seterusnya, selamanya!

Pentingnya Sebuah Sapaan

sapaan adalah awal dari sebuah komunikasi. Nabi memberikan contoh kepada kita untuk selalu mengucapkan salam dan sapa kepada setiap orang yang bertemu dengan kita. 
sebelumnya aku ga terlalu perhatian sama sapaan ini, baru menyadari betapa sebuah sapaan itu bisa memberi pengaruh hebat dan berkaitan erat dengan mood apalagi dengan kualitas hubungan antar sesama manusia.

bro, sist, dull, dab, honey, sayang/say, mbak, mas, pak, bu, darling/darl, dhe, habibi....semua itu adalah beberapa dari sapaan formal maupun informal yang umum kita dengar.  ada makna dari masing-masing sapaan itu, ada makna penghormatan, keseganan, pertemanan, kasih sayang bahkan cinta kasih.  

"assalamualaika ya habibi", suatu kali ada yang menyapaku seperti itu. Berhubung otak bahasaku ini terbatas, aku pikir itu adalah salam dan sapa standar. terdengar aneh tapi sopan menurutku. tapi ternyata maknanya sungguh indah, setiap perempuan yang disapa dengan kalimat itu bakal langsung berbunga-bunga, at least tersenyum. mengingat perempuan itu makhluk yang tebal perasaan, apa2 dibaca, dimaknai dan dirasa pake perasaaan. Jadi, sapaan macam itu bakal langsung menyentuh urat rasanya. 

"bagaimana kabar kamu pagi ini, dhe?" kalo yang ini adalah bentuk perhatian dari seorang kakak kepada adiknya. Simple tapi dalem banget maknanya. Jarak yang memisahkan keduanya terasa memendek hanya dengan sapaan tadi. 

"besok dipakai ya hijabnya sist, tar difoto trus diupload di group", ini sapaan penuh persaudaraan juga. terdengar akrab penuh kekeluargaan. Meskipun bukan saudara kandung, sist disini sudah menyiratkan yang lebih indah dari sekedar hubungan sedarah. 

masih banyak lagi sapaan-sapaan lembut lainnya. Intinya, menyapa dengan tulus menggunakan sapaan yang tepat dan mewakili makna yang dimaksudkan akan membawa dampak yang luar biasa. Hubungan dengan sesama akan jauh lebih akrab, erat dan indah tentu saja. Semoga sapaan-sapaan bernada SARA dan jorok bisa ditinggalkan, karena tak semua orang acuh dengan sapaan negatif. Dalamnya hati siapa yang tau? Lebih baik kita mencontoh pribadi Nabi kita yang super duper keren itu...hehehe


No comments:

Post a Comment