Karena manusia memiliki rasio maka ia bisa menjadi poros alam. Jangan mau dikalahkan oleh keadaan. Bermimpi dan berjuang seterusnya, selamanya!

Day 3: Paspor Making (jadi)


So, dari serangkaian proses panjang yang aku alami, bolehlah dijadiin pelajaran ya buat kamu-kamu yang mau bikin paspor. Here the tips:
  1. Coba aplikasi pendaftaran online, lebih praktis 
  2. Datang pagi2 untuk menghindari antrean yang mengular
  3. Bawa buku, majalah atau penuhi batre smartphone kamu biar ga bete
  4. Periksa sekali lagi kelengkapan dokumen, kalo ada yg tertinggal bakal disuruh balik ama petugasnya
  5. Sebaiknya kamu fotocopy semua dokumen
  6. Pake outfit yang oke waktu wawancara and foto, malu kalo muka kita ancur di paspor yang berpotensi menyebar ke seantero dunia hehehehe
  7. Aktif nanya sama petugas kalo antrian kamu diserobot CALO, jangan mau kalah
  8. Tiap kantor imigrasi punya situasi dan kondisi yang berbeda, so be aware!
  9. Please jangan pake jasa CALO
  10. Rincian Biaya:
  • Buku paspor 48 Halaman : 255.000,-
  • formulir pendaftaran dan sampul paspor : 14.500,-
  • Parkir: 2.000,-
  • Total : Rp. 271.500,-
 Selamat Mencoba \^.^/






1 comment: