Karena manusia memiliki rasio maka ia bisa menjadi poros alam. Jangan mau dikalahkan oleh keadaan. Bermimpi dan berjuang seterusnya, selamanya!

Terapi 4 smoker

Hai semua, khususnya buat smoker Indonesia. Tulisan ini hanya sebagai uneg-uneg seorang passive smoker yang pingin banget mengurangi pencemaran udara akibat asap rokok. Tau ga sih, Indonesia tuh ada di urutan ke 4 negara pengkonsumsi rokok terbesar sedunia setelah Cina, Amerika dan Rusia. Bangga? ga banget. Disebutkan bahwa jumlah konsumsi rokok di negara ini semakin meningkat per tahunnya, ga tanggung2 260,8 Miliar batang pada tahun 2009. Nah untuk tahun 2012 berapa ya? Jika dirata-rata, perokok Indonesia menghabiskan setidaknya 10 batang per hari. Kalau per batang kita anggap Rp.1000, sebulan bisa Rp.300.000!

Terapi 12 Jam*
Bagi pecandu rokok, menghentikan kebiasaan merokok merupakan hal yang sulit. Namun ternyata, tubuh akan memperbaiki sistemnya ketika seseorang mulai berhenti merokok selama 12 jam. Perasaan buruk akan terasa pada awalnya tetapi pada saat itulah proses penyembuhan kerusakan akibat rokok dimulai. Karbon monoksida dan kandungan nikotin dalam tubuh akan hilang secara perlahan. Kandungan berbahaya tersebut akan hilang sama sekali dalam 2-3 hari setelah berhenti merokok. Pada saat itu akan timbul perasaan tak tenang serta emosi yang tidak stabil. Rasa lapar serta keletihan yang berlebihan bahkan kesulitan tidur pun terasa.

Gejala tersebut menandakan bahwa tubuh sedang membersihkan sisa-sisa nikotin yang ada di dalam tubuh. Dalam 2-3 minggu sejak berhenti merokok, sirkulasi tubuh akan mulai memperbaiki kerusakan pada paru-paru. Dalam jangka waktu 1-9 bulan, batuk-batuk dan nafas pendek akan menghilang. Paru-paru mulai bersih dan fungsinya kembali normal. Gejala-gejala seperti depresi, frustasi, dan sakit kepala juga akan melanda pada awal proses penyembuhan. Namun hasilnya, Anda akan terbebas dari resiko kanker, jantung, kemandulan, dan kerusakan paru-paru. Dengan sedikit kesabaran dan niat yang keras, Anda akan mendapatkan kualitas kesehatan yang luar biasa.

So please, buat para smoker...sayangi badan anda, dan badan kami yang tercemari asap rokok anda.


*Source: bisnis Indonesia

1 comment: