Karena manusia memiliki rasio maka ia bisa menjadi poros alam. Jangan mau dikalahkan oleh keadaan. Bermimpi dan berjuang seterusnya, selamanya!

Problematic World


Dunia kerja adalah sebuah dunia lain dari beberapa dunia yang dimiliki oleh seorang individu. Hanya satu kesamaan yang dimiliki oleh dunia kerja dengan dunia-dunia yang lain yaitu interaksi. Dalam dunia kerja terdapat individu-individu yang bergerak dengan ritme berbeda sesuai dengan kedudukan dan fungsinya dalam pekerjaannya. Interaksi selalu melahirkan konflik, dan tentu saja dalam dunia kerja kita akan menemui aneka ragam konflik mulai yang kecil sampe yang besar dan fatal. 

Nah, dalam dunia kerja saya yang sekarang pun saya temukan banyak konflik. Bahkan antar sesama bagian yang sama-sama baru [pegawai baru] pun ada konflik. Emang yah, segala sesuatu tu selalu berpasangan; bai-buruk, hitam-putih, positif-negatif dsb. Tantangan bagi saya di lingkungan kerja yang sekarang adalah bagaimana bersikap dan bekerja secara profesional dengan strategi yang baik. Sensitif dengan lingkungan sekitar dan beradaptasi dengan alami.

Ketidakpuasan, tersinggung atau sakit hati akibat dari lingkungan yang negatif dan ga kondusif semaksimal mungkin harus diminimalisir. Susah banget tuh, pernah suatu ketika saya geregetan dengan pekerjaan biro lain yang ga transparan dan berpotensi menimbulkan konflik. Biasalah, generasi tua yang tidak melek teknologi dan bawaan orde jadul. Rasanya tuh kayak ngelebihin PMS, like I wanna kill somebody!

Teori psikologi memang gampang-gampang susah untuk dipraktekkan. Takaran untuk berfikir logis dan menggunakan perikemanusiaan harus seimbang di titik tertentu saat menghadapi konflik dalam dunia kerja. Salah langkah sedikit saja, maka tamatlah riwayat anda. 

Konflik beriringan dengan energi negatif, jelas-jelas akan berdampak negatif juga. Getah dari energi negatif itu adalah penyakit psikosomatik, stres. Siapapun yang telah menderita dari efek fisik dari stres tahu bagaimana pikiran dapat mempengaruhi tubuh. Emosi negatif dapat melemahkan tubuh dan membuatnya lebih rentan terhadap penyakit. Belum lagi ledakan kemarahan dapat mempengaruhi sistem kardiovaskular dan membawa gangguan saraf. Pentingnya efek psikologis penyakit tidak dapat diremehkan lo.

Maka mengalihkan fokus tidak hanya pada konflik semata adalah satu-satunya cara ampuh untuk membangun suasana positif pada diri sendiri. Pura-pura gila tetapi tetep aware dengan perkembangan. Dan saya selalu ingat pesan salah satu motivator ternama, "Kita memang tidak boleh hidup hanya melakukan yang kita senangi/sukai, belajarlah untuk melakukan yang penting walau tidak anda sukai."

I do learn to bring love and passion into my work everyday 'coz I feel young enough in this kind of world. Love and passion, that's the point!

No comments:

Post a Comment