Karena manusia memiliki rasio maka ia bisa menjadi poros alam. Jangan mau dikalahkan oleh keadaan. Bermimpi dan berjuang seterusnya, selamanya!

Nyentrik itu asyik

Selasa, 20 Maret 2012...pagi-pagi media online udah rame dengan aksi nyleneh salah seorang Menteri republik ini. Dahlan Iskan, no wonder, mentri satu ini memang keren (menurutku). Ceritanya pak Dahlan ini mau rapat koordinasi mingguan di Kantor PT Garuda Indonesia Tbk. Untuk menuju ke tujuan, dia pake jalur tol. Sampai di pintu tol dekat jembatan Semanggi menuju arah slipi, antrian mengular. Setelah diteliti ketahuan penyebabnya: loket yang beroperasi ternyata hanya dua dari empat yang ada. Melihat antrian yang luar biasa itu, pak mentri langsung turun dari mobil dan memeriksa dua loket yang ga beroperasi itu.

Meradang, pak Dahlan masuk ke loket dan membuang kursi yang ada di dalamnya. Karena antrian semakin memanjang, secara cepat dia memutuskan untuk membuka pintu penghalang dan meminta agar mobil yang antre segera masuk lewat loket yang kosong itu secara GRATIS! Protokol kementerian mengatakan,mobil yang masuk gratis ini diperkirakan lebih dari 100 mobil.

Dalam dialog di metrotv, pak Dahlan yang saat itu berada di Beijing mengatakan dia sudah melakukan komplain, arahan dan instruksi kepada jasa marga sejak 3 bulan yang lalu secara terus menerus (via telpon dan sms). Tapi memang belum ada tanggapan dan perubahan (lihat beritanya). Makanya doi marah beud. Secara lugas pak mentri BUMN ini mengatakan, "Tiga bulan lalu saya minta bahwa antrean ini jangan panjang begini. Ini kan orang mau membayar. Mau membayar saja kok sulit! Bagaimana kalau disuruh melayani orang yang tidak punya uang? Kan lebih parah lagi. Saya betul-betul minta tolong," katanya penuh kesal. Kerennya lagi, ketika ditanya wartawan via telpon, dia menantang PT Jasa Marga jika merasa dirugikan, boleh menagih kehilangan dananya (akibat digratiskannya lebih dari 100 mobil) langsung kepada dirinya.

Daaan...Jasa Marga kebakaran rambut (bukan lagi jenggot ak rasa hahaha), segera bikin konfirmasi sana sini...yang pegawainya telatlah, yang aturan kerja barulah...buaah, nggilani. Pimpinan tertingginya uda bergerak cepat, eh anak buahnya adem ayem aja. Gila ya, aku pikir SP aja belum memberi efek jera (lihat beritanya). 

Aku salut banget sama mentri kita yang satu ini. Pemikirannya tidak terkekang oleh birokrasi yang memang njelimet and ga praktis. Responnya terhadap sesuatu yang ga berjalan efektif selalu cepat. Dia ga sungkan turun langsung untuk memberi contoh, menegur atau bahkan marah2 haha. Orang bilang, Pak Dahlan itu nyentrik, ga hanya perilakunya tapi juga cara berpikirnya.

Berdoa banget ada seratus mentri yang kayak doi di masa depan. Mentri yang ga hanya mentingin golongan, partai atau perutnya sendiri. Memang yah, kalo mentri berasal dari kaum profesional dan akademisi tuh jadi lain efeknya. Beda banget dah kalo mentrinya berasal dari politisi (cuih). Kebijakannya banyak yang ngawur, populis and ga intelek blas. Pak Dahlan ini cerminan kepemimpinan kaum muda, bergerak cepat, punya dasar kuat dan efektif. Memangkas business process yang terlalu panjang dan lama. Indonesia punya kok Dahlan Iskan yang lain...come on, show up people...babat habis pejabat yang ga kompeten!!!


*for my Indonesia

No comments:

Post a Comment