Karena manusia memiliki rasio maka ia bisa menjadi poros alam. Jangan mau dikalahkan oleh keadaan. Bermimpi dan berjuang seterusnya, selamanya!

H-O-A-X

Kaskuser atau yang suka online pasti tau kata-kata ini; H-O-A-X. Hoax diartikan sebagai pemberitaan palsu. Pemberitaan palsu adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu. Bisa ga ya disamain sama fitnah? 

Eniwei, aku mau protes sama yang bikin kata hoax ini. Entah karena enak diucapin, dibikin bahan joke atau menjadi kata yang berhasil merepresentasikan emosi tertentu bagi penggunanya, kata-kata ini melambung bak selebriti di grup teman-temanku di kantor [khusus angkatan kami]. Dikit-dikit hoax, no picture=hoax, ...hoax,hoax dan hoax. Awalnya mungkin tidak ada dampak aneh-aneh, tapi pada akhirnya kata ini pun memberikan kutukannya. 

Hari ini 29 orang hampir berantem hanya gara-gara kata-kata "hoax". Berita yang jelas-jelas fakta diisukan hanyalah sebuah hoax. Timbullah ketidakpuasan, sakit hati karena dituduh menyebarkan hoax, bisik-bisik najong sampe yang paling ekstrim langsung nulis hoax di wall FB temen. Sungguh mengerikan. Ada yang sampe hampir nangis dan sangat ga terima. Persaudaraan dan pertemanan hampir hancur. Semua larut dalam situasi yang sangat ga nyaman. 

Hari ini aku belajar, bahwa mulutmu adalah harimaumu tu 1000000% benar. Kesalahpahaman akibat komunikasi yang kurang baik berpotensi menghancurkan persahabatan, pertemanan dan rasa saling menghormati antara satu dengan yang lain. Yang paling mengerikan adalah timbulnya rasa benci level tinggi. Padahal sebelumnya ga pernah ada berantem2, ngotot2an ampe teriak2 kayak di pasar. Hanya karena 1 kata yaitu "hoax" terlupakan semua ha-ha-hi-hi selama setengah tahun ini. Dan aku berjanji pada diriku sendiri untuk ga pernah lagi menggunakan kata hoax dalam kamus pergaulanku. Cukuplah mereka yang membuktikan bahwa kata hoax itu memiliki daya hancur yang luar biasa berbahaya. So guys, note this, please becareful with your words. Because words are sharper than the Arabian sword. Trust me!

2 comments:

  1. Haha... Tak kira bukan HOAX yg salah. Orang yg ngomong kali. Kasihan si HOAX jd disalahkan. Tp memang benar. Kalo komunikasi diantara teman bisa baik dan lancar, pasti gak ada kesalahpahaman yg serius ya.

    ReplyDelete
  2. penempatan kata HOAX pada situasi yang salah. hh...susah memang kalo atmosfirnya lagi g enak. Gampang emosi ..huhuhu

    ReplyDelete