Karena manusia memiliki rasio maka ia bisa menjadi poros alam. Jangan mau dikalahkan oleh keadaan. Bermimpi dan berjuang seterusnya, selamanya!

"Kenmochi Chiemi"(剣持 千恵美)Part 2

Sehari sebelum Hiro meninggalkan Indonesia, kami berfoto di Tugu

Mungkin karena merasa jatuh cinta dengan Indonesia, Hiro meminta pada kami untuk memanggilnya dengan nama Indonesia. "Tolong panggil saya Imam,"ujarnya suatu hari. Maka kami pun terbiasa memanggilnya dengan mas Imam [diambil dari penggalan namanya sendiri  "Imamura"]. 

Ketika akhirnya Hiro harus meninggalkan Indonesia, kami mengantarkannya ke Airport beramai-ramai. Kami menghadiahinya sebuah kipas berlambangkan logo Perisai Diri. Kipas berwarna merah menyala itu dia dekap dan dia perhatikan dengan mata berkaca-kaca. "Saya senang sekali...terima kasih...terima kasih..." katanya sambil membungkuk. Saat itulah aku merasa sangat terharu. Indah sekali persahabatan ini. Aku berjanji pada Hiro, akan tetap keep in touch by FB atau surat elektronik. Saat gempa dan tsunami melanda Jepang, kami memberondong FB Hiro dengan berbagai pertanyaan bernada cemas, ingin tau keadaan dia sekeluarga. Dan syukurlah Hiro selamat.

Hari ini aku "ngobrol" dengan Hiro lewat message FB. Awalnya kami saling bertukar kabar, Hiro mengabariku akan ke Indonesia setelah Ramadhan. Bayangkan, Hiro bahkan tau dan masih ingat bahwa di Indonesia ada bulan puasa yang disebut Ramadhan :). Kemudian iseng aku membuat sebuah nama Jepang untuk diriku sendiri. Aku bertanya pada Hiro apakah nama yang aku buat itu sudah benar dll. Sayangnya dua kata yang aku buat hanya satu yang benar. Inilah penggalan percakapanku dengan Hiro:

Nh, Japanese name system has original one as much as Indonesian. Like girl name, "-wati" or "-y-", Japanese use "-ko""-mi""-ka". And the pronunciation is confined by Japanese "kanji" character, which was imported from Chinese character. So unfortunately you can't use the name.. I'm sorry.

However I can make a name from "***" and "***" pronunciation with some changings.[untuk tanda * maaf aku ga bisa kasih tau nama ciptaanku hihihi malu]

↓↓↓(result)

"Kenmochi Chiemi"(剣持 千恵美)

Family name: Kenmochi 剣持 means "puting a sword"
First name: Chiemi 千恵美 means ribuan berkat dan ribuan kecantikan

"tha" can be read in "cha", and I did exchange "a" to "i" like Japanese sound.
How about this? haha.

Aku sangat berterima kasih dan senang sekali dengan nama "buatan" Hiro ini. Dan aku sangat terharu dengan paragraf terakhir yang ditulisnya: 

So thanks so much keep in touch with me, because whenever I communicate with my Indonesian PD friend, I have to fight to keep from crying. hahaha/

See you soon in Indonesia!!

Akupun membalas tulisan sahabatku ini :

I'll keep in touch with you because [mark this] "you will always be part of PD UGM family 4ever".

see u soon Hiro, take care ^^,

Now on, I have two names; Fietha and Kenmochi Chiemi. I love both. Terima kasih sobat. Nama yang sangat indah...persahabatan memang indah ya :) Keluarga, sahabat, teman dan ilmu adalah harta yang sangat tidak ternilai. Apalagi sih yang manusia cari di dunia ini selain itu semua? Karena jika empat hal itu terpenuhi, maka dengan sendirinya hidup kita akan menyenangkan untuk dilalui dan dinikmati. Tull ga sob?

Hiroyuki Imamura [mas Imam] bersama Jalu Tathit

No comments:

Post a Comment